Kamis, 06 Juni 2013

TULISAN BAHASA INDONESIA 2

Ayo Berwirausaha Sejak Muda

 Ineu Maelani      (13210547)

Wirausahawan di Indonesia saat ini menurut saya belum  terlalu banyak jumlahnya. Kebanyakan beranggapan bahwa berwirausaha itu sulit, harus tahan banting, kerja keras, dan harus mempunyai tekad baja, serta modal tentunya. Oleh karena itu kebanyakan masyarakat Indonesia menjadi karyawan di suatu perusahaan. Sebenarnya berwirausaha tidak harus dimulai dengan modal yang besar, dengan usaha kecil-kecilan pun jika serius dan konsisten lama kelamaan akan berkembang dan dapat dijadikan sebuah mata pencaharian (pekerjaan). Misal saya sebagai seorang mahasiswa jika ingin mencoba berwirausaha bisa mencoba untuk berjual pulsa. Hanya bermodal handphone yang notabene hampir semua orang memiliknya dan deposit minimal Rp 100.000 kita sudah bisa untuk bisnis pulsa.  Yang nantinya bisa ditawarkan pertama pada teman-teman sekelas kita dan lama-kelamaan dari mulut ke mulut bisnis pulsa kita di ketahui oleh kelas lain dan seiring berjalannya waktu seisi kampus mengetahui bahwa kita jual pulsa. Bayangkan penghasilan yang kita dapatkan ? Wah pasti lumayan buat uang jajan hehehe….
Dibawah ini merupakan  5 Tips Sukses Berwirausaha yang diambil dari berbagai sumber  semoga bermanfaat buat sobat muda

1. Memilih usaha yang tepat. 
Dalam membuka usaha, Anda harus bisa memperkirakan usaha apa yang tepat untuk daerah di sekitar Anda. Caranya, kenali kebutuhan di sekitar Anda lewat banyak bertanya dan nguping, lalu jejaki apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan harga bersaing. Misalnya, jika ada banyak kantor di sekitar tempat usaha Anda yang membutuhkan katering, Anda bisa membuka bisnis katering.

2. Pelayanan ramah. 
Jika Anda memutuskan untuk membuka usaha dibidang jasa atau jualan, maka prioritaskan pelayanan yang baik. Apalagi jika usaha kamu ini baru dimulai, menciptakan kesan yang ramah menjadi hal yang penting. Pelayanan yang ramah kepada konsumen akan mendorong konsumen menjadi langganan tetap untuk usaha Anda.

3. Persiapkan modal cadangan. 
Setelah Anda mendirikan usaha, sebaiknya sisakan modal untuk menjadi modal cadangan. Biasanya usaha yang baru berdiri tidak banyak dikenal orang sehingga masih sedikit orang yang akan datang ke tempat usaha Anda. Jadi meski usaha Anda sepi, usaha Anda akan tetap bisa berjalan dengan menggunakan modal cadangan itu.

4. Promosi. 
Agar usaha Anda cepat maju dan banyak dikenal orang. Sebaiknya promosikan usaha Anda dengan baik. Misalnya, bisa menggunakan selebaran, pasang iklan di koran atau bahkan iklan di televisi.

5. Jangan mudah menyerah. 
Menjalankan suatu usaha tidak akan semudah membalik telapak tangan. Musibah atau cobaan tentu akan selalu ada. Karenanya diperlukan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Tetaplah berpikir positif dan yakin bahwa usaha yang Anda jalankan pasti berhasil.

Itu merupakan contoh kecil yang membuktikan bahwa sebenarnya berwirausaha tidak lah sulit. Sulit jika tidak dicoba. Ada pepatah yang mengatakan “jika kita bergaul dengan tukang minyak wangi kita akan tertular wanginya” nah  jika kita ingin  menjadi wirausahawan  bergaullah dengan wirausahawan, sharing pengalaman darinya minta lah pendapat buat usaha kita. Bisa juga membaca buku-buku tentang motivasi untuk berwirausaha, ikuti seminar tentang wirausaha itu semua akan menambah wawasan dan menambah semangat kita untuk berwirausaha. Apalagi umur kita masih muda, masih banyak kesempatan dan masih banyak hal-hal baru yang bisa kita coba.. Selain itu dengan berwirausaha kita akan dikenal dan mepunyai banyak relasi. Seperti diketahui relasi yang banyak merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam berwirausaha. Sukses di usia muda itu bisa kita raih dan kebutuhan finansialpun akan kita dapatkan. Jadi siapa yang ingin sukses di usia muda ? Berwirausaha jawabannya    
                            

Sumber :http://bloggerinspiratif.blogspot.com/2012/05/5-tips-sukses     berwirausaha.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar