Minggu, 17 Maret 2013

Tulisan Bahasa Indonesia2 (kuliah sambil kerja)



Bagaimana cara tetap fokus kuliah sambil bekerja ?
            
             Bagi sebagian orang pasti berfikir bahwa keputusan untuk kerja sambil kuliah  sebenarnya memiliki resiko, kenapa ? karena mereka terkadang merasa kesulitan dalam mengatur waktu antara kuliah dan kerja, apalagi jika terkadang dihadapkan pada  pekerjaan yang  bersifat terikat,  akan sering dihadapkan oleh kendala-kendala. Salah satunya seperti jadwal kerja bentrok dengan jadwal kuliah. Atau kelelahan, karena energi kita telah terkuras pada saat bekerja. Resiko lain yang biasanya terjadi ketika kuliah sambil bekerja adalah dapat menyebabkan kita justru menjadi malas kuliah. Bayangkan Jika kita  harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan, ditambah mengerjakan banyak  tugas kuliah, apalagi kita sebagai mahasiswa ekstensi kuliah malam, paginya kita harus melakukan aktivitas lagi, memang bisa jadi satu alasan yang membuat temen-temen berpikir dua  kali untuk kuliah sambil kerja. Jangankan berpikir untuk menambah gelar di belakang nama, untuk mengasah keterampilan lewat kursus atau training saja belum tentu sempat. Mungkin ada sebagian orang yang tidak bersikap seperti ini, tapi melihat fenomena-nya, rata-rata memang seperti itu kenyataannya. Ilustrasinya, ketika kita sudah bisa menghasilkan uang, maka secara tidak sadar kita  akan asyik dengan pekerjaan  tersebut karena  sudah memiliki penghasilan, kemudian akan menyebabkan kita  menjadi kurang fokus terhadap kuliah.
Hal-hal tersebut adalah beberapa resiko yang biasanya sering terjadi. Namun keuntungan dari kuliah sambil bekerja adalah kita  akan mendapatkan banyak pengalaman yang bisa dijadikan pedoman atau gambaran  kedepannya. Keuntungan melanjutkan kuliah ke jenjang lebih tinggi adalah investasi jangka panjang untuk karir kita . Memang stress bisa muncul saat menjalaninya. Tapi, dengan disiplin diri dan kecermatan membagi waktu, kita  pasti bisa menghadapinya  dengan baik.


            Ada beberapa cara agar kita tetap fokus dalam kuliah walaupun sambil bekerja yaitu m
encoba untuk bersikap yakin terhadap diri kita bahwa pendidikan adalah nomor satu bagi kita untuk masa depan yang lebih baik Persiapkan diri untuk kembali belajar dan membuat tugas. Misalnya, bila ingin memilih bidang bisnis, tambahlah pengetahuan temen-temen tentang bisnis dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bisnis . Dukungan lingkungan yang dimaksud adalah dukungan dari lingkungan teman-teman kerja. Ceritakan bahwa kita saat ini sedang kuliah. Beberapa perusahaan tentunya mengharapkan karyawan yang memiliki kemampuan lebih. Tidak jarang perusahaan yang mensupport karyawannya untuk mendapat pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan ada perusahaan yang memberikan dukungan financial. Yang harus dpenuhi bukan hanya biaya pendidikan, tapi juga biaya lain, seperti buku, jurnal, bacaan pendukung, peralatan kuliah, laptop, kalkulator. Jangan sampai kuliah putus di tengah jalan karena  anggaran tak mencukupi. jangan pernah merasa rugi. Investasi ini yang pasti akan kembali.  Buatlah  rencana untuk langkah ke depan. Artinya, bila ada waktu, mulailah mencicil tugas-tugas Anda sebelum ‘jatuh tempo’. Sehingga bila di tengah jalan menghadapi halangan, karena ada pekerjaan dari kantor, kita  tetap dapat menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Bila temen-temen bisa membaca buku dalam perjalanan ke kantor atau mengerjakan latihan atau kuis sewaktu makan siang, lakukanlah, atau  waktu untuk belajar, Hari-hari libur juga dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas. Prinsipnya, gunakan waktu seefektif mungkin dan minta pengertian pada keluarga dan teman-teman. Menetapkan tujuan dengan sesama mahasiswa bisa menjadi cara untuk mengatasi hambatan kuliah dan meningkatkan motivasi. Menjalin pertemanan dengan orang baru merupakan bonus tambahan dalam pembelajaran orang dewasa. Waktu libur pun sebaiknya dipikirkan dengan baik, Meski hari-hari teman-teman dipadati oleh jadwal kuliah dan aktivitas kantor, sebisa mungkin,  jangan abaikan waktu untuk berisitirahat atau memanjakan diri teman-teman dengan Refreshing. Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan motivasi dan semangat.

Kesimpulan
        Memang, menjalani kuliah sambil bekerja merupakan hal yang sulit. Namun setelah dijalani,kita akan mengetahui bahwa hal ini tidak sesulit yang dibayangkan. Keuntungan dari kuliah sambil bekerja adalah kita  akan mendapatkan banyak pengalaman yang bisa dijadikan pedoman atau gambaran  kedepannya. Selain itu dapat melatih kita  untuk menyeimbangkan waktu antara kegiatan akademis dan profesional. Beberapa cara agar kita tetap fokus dalam kuliah walaupun sambil bekerja yaitu yakin terhadap diri kita, persiapkan diri, Dukungan lingkungan, manfaatkan waktu dengan baik dan lain-lain. Jika cara-cara tersebut sudah kita lakkan dengan baik, maka kuliah sambil bekerja pun bukanlah suatu hal yang sulit.





Referensi :
http://www.goggle.com/
http://kampus.okezone.com/
http://forum.kompas.com
http://teknikinformatika-s1.com/tips-kuliah-sambil-bekerja-kerja-jadi-karyawan/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar