Minggu, 05 Desember 2010

GEMPA MENTAWAI MEMBUAT INDONESIA KEMBALI MENANGIS


Negara Indonesia kembali menangis setelah peristiwa bencana alam “Tsunami” yang menewaskan ribuan warga serta merusak fasilitas sarana dan prasarana. Dan kini Bencana alam kembali terjadi dan banyak dijumpai dinegara kita Indonesia. Bencana alam merupakan kejadian-kejadian luar biasa yang diluar kendali manusia yang bersifat merusak harta benda manusia atau bahkan bisa melukai dan merengut nyawa manusia yang terkena bencana alam. Bencana alam juga merupakan konsekuensi dari kombinasi aktivitas alami (suatu peristiwa fisik, seperti letusan gunung, gempa bumi, tanah longsor dan lain-lain) dan aktivitas manusia.

Dibawah ini merupakan salah satu berita mengenai bencana alam yaitu “gempa mentawai”



Sedikitnya 23 tewas dan ratusan hilang setelahgempa berkekuatan 7,7 pada Skala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Senin larut malam.Gelombang pasang yang menyusul gempa menerjang ratusan rumah di sedikitnya dua desa pesisir di Pulau Pagai dan Silabu. Kedua pulau tersebut bagian dari gugusan Kepulauan Mentawai yang terpencil dan berpenduduk jarang.Sebanyak 23 mayat telah ditemukan dan puluhan orang hilang, kata Ade Edward dari Kepala Bidang Operasi Penanggulangan Bencana Pemda Provinsi Sumatra Barat kepada BBC.Sedikitnya tujuh orang meninggal dunia hilang akibat gelombang pasang pasca gempa di Pagai Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, lapor kantor berita Antara.
Tujuh orang tersebut tewas akibat tersapu gelombang itu adalah warga Desa Muntai yang ketika gelombang datang mereka tengah mencari ikan di pinggir Pantai Pagai Selatan, kata Kepala Penanggulangan Bencana Wilayah Pagai Selatan Joskamatir, Selasa siang (26/10) kepada kantor berita Antara.Jumlah korban jiwa diperkirakan masih akan terus bertambah.

Sumber Berita :www.goggle.com (BBC)


GEMPA BUMI ??
MENGAPA GEMPA BUMI BISA TERJADI??
Mungkin sebagian dari kita pernah merasakan gempa bumi, yaitu merasakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi bisa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan. Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut.



APA UPAYA YANG HARUS KITA LAKUKAN UNTUK MENANGGULANGI BENCANA ALAM “GEMPA BUMI”??
Sebagai warga Negara yang peduli terhadap Negara kita sendiri harus dilakukan upaya-upaya untuk menanggulangi bencana alam “Gempa bumi” seperti , Harus dibangun bangunan dengan konstruksi tahan getaran/gempa khususnya di daerah rawan gempa, Perkuatan bangunan dengan mengikuti standar kualitas bangunan ,Pembangunan fasilitas umum dengan standar kualitas yang tinggi, Rencanakan penempatan pemukiman untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah rawan gempa bumi, Pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya gempa bumi dan cara-cara penyelamatan diri jika terjadi gempa bumi, Ikut serta dalam pelatihan program upaya penyelamatan, kewaspadaan masyarakat terhadap gempa bumi.

Melihat di Negara kita Indonesia banyak terjadi bencana alam yang menewaskan banyak warga , oleh karena itu sebagai warga Negara Indonesia wajib prihatin dan diharapakan saling meningkatkan solidaritas serta kebersamaan dengan turut memberi bantuan kepada sesama warga yang terkena bencana alam dan ikut serta dalam melakukan upaya-upaya untuk menanggulangi bencana alam. Dan tidak lupa untuk selalu berdoa agar Negara kita dijauhkan dari segala bentuk bencana alam karena seperti kita ketahui bencana alam tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar