Minggu, 05 Desember 2010

RANGKUMAN MENGENAI "ILMU BUDAYA DASAR"

ILMU BUDAYA DASAR

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu budaya dasar merupakan mata kuliah yang didalamnya mengajarkan kita tentang nilai-nilai , kebudayaan dan berbagai macam masalah hidup yang dialami manusia. Mata kuliah ilmu budaya dasar sangat penting diajarkan. Karena mata kuliah ilmu budaya dasar-dasar yang cukup kuat kepada kita sebagai mahasiswa antara segala segi kebudayaan. Oleh karena itu dengan adanya mata kuliah ilmu budaya dasar ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan diindonesia. Mata kuliah ilmu budaya dasar ini juga mengajarkan kita mengenai sikap moral yang dapat membimbing kita sebagai mahasiswa kearah pembentukan ukuran-ukuran rasa dan nilai-nilai yang tidak bergantung pada orang lain. Dengan demikian mahaiswa diharapkan dapat mengembangkan kebudayaannya sendiri dengan kreatif.

ILMU BUDAYA DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI MATA KULIAH DASAR UMUM
( M K D U)
Ilmu budaya dasar merupakan sebagai bagian dari mata kuliah umum yang artinya ilmu budaya dasar merupakan salah satu komponen dari sejumlah mata kuliah dasar umum yang merupakan mata kuliah wajib disemua perguruan tinggi. Mata kuliah dasar umum ( MKDU) ini sangat penting bagi mahasiswa, karena secara khusus mata kuliah dasar umum (MKDU) ini bertujuan untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang berkualifikasi.


PENGERTIAN ILMU BUDAYA DASAR
Dapat diartikan, pengertian dari ilmu budaya dasar secara sederhana yaitu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan diajarkannya ilmu budaya dasar yaitu salah satunya adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya baik yang menyangkut orang dirinya sendiri, orang lain beserta alam sekitarnya.

RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
Ada dua masalah pokok yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar. Adapun kedua masalah pokok itu adalah :
• Berbagai aspek kehidupan yang didalamnya terdapat masalah kemanusiaan dan budaya
• Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Dari kedua masalah pokok tersebut, terlihat jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Terlihat bahwa manusia tidak hanya sebagai subjek tetapi juga sebagai objek pengkajian.


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang sangat erat terkait satu sama lain.

MANUSIA
Manusia dialam dunia ini memegang peranan yang unik dan dapat dipandang dari banyak segi selain itu manusia mempunyai banyak kepentingan.


HAKEKAT MANUSIA
• Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan
yang utuh
• Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibanding makhluk lain
Daya rasa(perasaan) dalam diri manusia ada dua macam :
 Perasaan inderawi
Merupakan rangsangan jasmani melalui panca indra
 Perasaaan rohani
Adalah perasaan luhur yang terdapat dalam diri manusia misalnya:
Perasaan intelektual, perasaan estetis,perasaan etis,perasaan diri, perasaan social, perasaan religious
• Makhluk biokultural
• Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi)


PENGERTIAN KEBUDAYAAN
Secara umum kebudayaan dapat diartikan yaitu segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi (pikiran) manusia dengan tujuan untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya didalam lingkungan. Kebudayaan mencakup segala aspek kehidupan manusia baik yang sifatnya material maupun yang non material.

UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
Dari beberapa sarjana yang mengemukakan pendapat mengenai unsur-unsur kebudayaan, salah satu seorang sarjana yaitu Melvile J. Herkovits berpendapat bahwa ada empat unsur dalam kebudayaan yaitu alat-alat tekhnologi, system ekonomi, keluarga dan kekuatan politik.

WUJUD KEBUDAYAAN
Kebudayaan mempunyai tiga wujud, menurut dimensi wujudnya yaitu :
• Kompleks gagasan, konsep dan pikiran manusia
• Kompleks aktivitas
• Wujud sebagai benda
Ketiga wujud dari kebudayaan tersebut,dalam kenyataan kehidupan masyarakat tak terpisah satu sama lain.


PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Terjadinya perubahan kebudayaan disebabkan oleh beberapa hal :
• Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri
• Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup.


KAITAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Antara manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan yang sangat erat. Walaupun berbeda akan tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Contohnya : manusia menciptakan kebudayaan, dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya. Dapat disimpulkan bahwa manusia tidak dapat dilepaskan dari kebudayaan, karena kebudayaan itu merupakan perwujudan dari manusia itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar